Minggu, 19 Desember 2010

MANAJEMEN & ORGANISASI


1.      Pengertian Manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan seperti perencanaan, penghorganisasian, pengarahan & pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan , melalui pemanfaatan SDM & SD lainnya.
2.      Fungsi – Fungsi Manajemen
Ada fungsi manajemen yang utama:
1.    Planning (perencanaan)
-        Fungsi yang utama & terpenting, dipakai agar sasaran & tujuan dapat tercapai dimasyarakat
-        Perlunya perencanaan:
a.   untuk mengidentifikasi peluang masa depan
b.   antisipasi / menghindari masalah masa depan
c.   untuk mengembangkan
-        Perencanaan dalam praktek
1.   produk, berupa                                : jenis, jumlah, kualitas
2.   dana, berupa                     : jumlah & sumber dana
3.   karyawan, berupa           : jumlah, keahlian karyawan
-        Jenis – jenis perencanaan:
1.       Strategis : perencanaan yang berhuungan dengan:
-        Kelangsngan hidup organisasi / perusahaan
-        Maju – mundurnya organisasi / perusahaan
-        Keberadaan organisasi / perusahaan
-        Hasil yang akan dicapai organisasi / perusahaan
-        Jangka waktu yang panjang
2.       Taktis : perencanaan jangka pendek yang berkenaan dengan kegiatan ..... organisasi / perusahaan, seperti :membuat anggaran ....
2.    Organizing (pengorganisasian)
-        Fungsi manajemen yang kegiatannya: membagi pekerjaan, mengelompokan pekerjaan, mendelegasikan wewenang & mengkoordinasikan aktivitas.
-        Tujuan:
a.   setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban & tanggung jawab
b.   agar terbina hubungan yang baik antar anggota organisasi & antar organisasi
3.    Actuating (pengarahan)
Adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan.
Bentuk kegiatan:
-        Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi
-        Memberikan pengarahan & petunjuk
-        Memberikan kepemimpinan
-        Memberikan motivasi untuk mendorong para karyawan
4.    Controling (pengendalian)
adalah aktivitas untuk menemukan, mengoreksi adakah penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan
langkah-langkah pengendalian:
1.       Menetapkan standard & metode
2.       Mengukur presentasi kerja
3.       Menentukan apakah kerja sesuai standard
4.       Mengambil tindakan koreksi
3.       Keterampilan – Keterampilan Yang Dibutuhkan Manajer
1.       Keterampilan konseptual
2.       Keterampilan kemanusiaan
Keterampilan untuk bekerja dengan orang lain serta memberikan mereka pemahaman & motivasi
3.       Keterampilan administrasi
Keterampilan untuk menata administrasi organisasi
4.       Keterampilan teknik & metode bidang tertentu, seperti: computer, akuntansi, produksi, dll
Keterampilan untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin! Teknik
4.       Bentuk – Bentuk Organisasi
a.       Organisasi garis
Adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah
> Kebaikan:
   - Kesatuan dalam perintah / pimpinan
   - Pengambilan keputusan cepat
   - Solidaritas karyawan tinggi
   - Sederhana, biaya rendah
> kelemahan:
   - Samgat tergantung pada satu orang pimpinan
   - Pimpinan cenderung otokratis
   - Karyawan sulit berkembang
b.      Organisasi garis & staf
Adalah bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya hamper sama dengan bentuk garis, hanya ditambah staf, -yaitu: satu/ beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya member saran / nasehat sesuai bidangnya kepadapimpinan perusahaan, bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi. Staf tidak memiliki hak memerintah bawahan.
>  Kebaikan:
   - Sesuai untuk perusahaan besar
   - Keputusan lebih rasional dengan adanya staf
   - Dapat mewujudkan “The right man in the right place”
> Kelemahan:
   - Organisasi rumit & kompleks
   - Koordinasi sulit di terapkan
   - Jumlah karyawan banyak, sehingga solidaritas kurang dan tidak saling kenal
c.       Organisasi fungsional
Adalah bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai fungsi, seperti: pemasaran, produksi, perusahaan & keuangan, wewenang dan tanggung jawab melekat terhadap proses / fungsi masing-masing.
Setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsinya, wewenang & tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
Para manajer fungsi bertanggung jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan  fungsinya, namun bisa memerintah kebagian lain sepanjang masih memiliki wewenang.
> Kebaikan:
   - Pembagian tugas jelas
   - Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan & dimaximalkan
   - Masing-masing fungsi dipegang oleh para ahli
> Kelemahan:
   - Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan
   - Tidak kesatuan perintah
   - Makin merasa ahli, akan sulit bekerja sama
d.      Organisasi matrik
Adalah bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitupekerjaan dasar & pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar & batas toleransi pekerjaan yang singkat maka dipakai bentuk matrik.
Alasan lain untuk menghindari bebenturan antara pekerja dasar & pekerja-pekerja tertentu yang harus selesai keduanya dengan baik.
Dalam bentuk matrik, terjadi  hubungan antara berbagai fungsi.
Missal: perusahaan sepatu yang aktivitas dasar memproduksi sepatu. Menerima pesanan yang sesuai dalam waktu tertentu, dengan jumlah tertentu. Agar ke 2 pekerja bisa selesai maka bentuk matrik yang cocok.
> Kebaikan:
   - Adanya aktivitas lain yg dikerjakan tanpa mengganggu aktivitas dasar
   - Mendorong inovasi & kreativitas karyawan
   -mendorog munculnya cara-cara baru & semangat kerja positif
> Kelemahan:
   - Munculnya konflik antar fungsi & karyawan
   - Hanya organisasi tertentu yg dapat memakai bentuk inti
   - Dapat mengganggu aktivitas dasar
   - Biaya mahal
   - Dapat lebih dari satu atasan
e.      Organisasi komite
Adalah kelompok formal yang menggantikan para manajer didalam struktur organisasi
Anggota komite memiliki wewenang & tanggung jawab, anggota komite berasal dari berbagai tingkatan manajmen
Semua keputusan organisasi dipelajari & dievaluasi oleh anggota komite
Bentuk ini sesuai untuk organisasi yang sangat perlu sikap hati-hati & dari berbagai sudut pandang. Missal: - organisasi rekayasa genetika (batam)
-  Organisasi antariksa
> Kebaikan:
   - Keputusan diambil lebih baik, karena melalui rapat yang mendalam
   -keputusan yg diambil merupakan keputusan bersama, obyektif
   - Hati-hati & seksama
   - Terdiri dari para ahli
> Kelemahan:
   -Keputusan yg diambil lama
   - Kadang pendapat akhir berasal dari anggota komite yg dominan
   - Keputusan kadang kurang efektif karena kompromi
5.       Pemasaran Menurut Philip Kolter
Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan & keyakinan melalui proses pertukaran
6.       Konsep – Konsep Manajemen Pemasaran
              a.       Kebutuhan
Adalah konsep paling pokok , yg melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus dipenuhi, kalau tidak akan menderita (mati) seperti: makan, minum & pakaian
              b.      Keinginan
Adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang. Missal: orang Indonesia makan nasi
              c.       Permintaan
Adalah kebutuhan / keinginan manusia yg didukung daya beli
              d.      Produk
Adalah alat pemuas kebuuhan, keinginan dan permintaan
              e.      Pertukaran
Adalah kegiatan untuk mendapat barang & jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya
             f.        Transaksi
Adalah bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nilai-nilai, syarat-syarat, kesepakatan, waktu & tempat kesepakatan
             g.       Pasar
Adalah tempat bektemunya
7.       Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis  (profit  atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
8.       Tujuan System Pemasaran
a.       Memaksimalkan konsumsi
b.      Memaksimalkan kepuasan konsumen
c.       Memaksimalkan pilihan
d.      Memaksimalkan kualitas hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar